Sekarang Belanja Impor Online 45.000 Kena Pajak

  • Sekarang Belanja Impor Online 45.000 Kena Pajak

    Sekarang Belanja Impor Online 45.000 Kena Pajak

    Starexpressindonesia.com, Tangerang – Siapa yang sering belanja impor online? Apakah itu dari Shoppe, Lazada ataupun Alibaba, jika barang belanja impor online itu 45.000 ke atas akan dikenakan pajak. Mungkin Anda kaget mendengar berita ini, namun memang hal ini sudah mulai berlaku di awal 2020. Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan sudah resmi mengumumkan belanja impor online memiliki kebijakan tersendiri. Awalnya barang bebas bea masuk maksimal adalah US$ 75 atau sekitar Rp 1.050.000, namun kini diturunkan menjadi maksimal US$3 atau Rp 45.000.

    Jika harganya di atas US$ 3 maka akan kena bea masuk, aturan ini sudah mulai berlaku Januari 2020. Pihak Kemenkeu menyatakan dengan revisi ini tarif pajak yang akan dikenakan akan turun, rincinannya seperti ini, bea masuk masih tetap 7,5% pajak pertambahan nilai atau PPN 10% dan Pajak penghasilan atau PPh 0%.

             >>>> Info Penting : Sekarang Belanja Import Online 45.000 Kena Pajak!

             >>>>  Info Penting : Cara Ekspor Barang ke Korea

    Lalu bagaimana perhitungan belanja impor online beserta pajaknya. Ada beberapa unsur dalam perhitungan bea masuk barang kiriman, pertama perhitungan nilai dasar pengenaan bea masuk yang terdiri dari (Cost) + (Insurance) + (Freight) atau ketiganya ini sering disebut dengan CIF. Nah setelah sudah mengetahuinya, CIF ini dikalikan dengan tarif bea basuk yaitu 7,5%. Ada beberapa peraturan tarif pajak yang diatur oleh pemerintah, seperti tas 15-20%, sepatu 25-30%, lalu tekstil 15-25%.

    Setelah CIF dikali bea masuk, hasilnya ditambah CIF kembali, dan angka yang keluar adalah nilai dasar pengenaan pajak. Nilai dasar pengenaan tersebut dikali dengan PPN 10% dan terakhir dikalikan dengan PPh, dan kabar baiknya pemerintah menghapus PPh menjadi 0%.

            >>>> Info Penting : Bagaimana Cara Import Door to Door? 

            >>>> Info Penting : Peraturan Belanja Import Online

    Leave a comment

    Required fields are marked *