Prosedur Pengeluaran Barang Kiriman

  • Prosedur Pengeluaran Barang Kiriman

    Berikut adalah penjelasan prosedur pengeluaran barang kiriman dari Bea Cukai, informasi ini diberikan langsung dari Bea Cukai. Simak penjelasan dan informasi berikut ini.

    • Atas barang kiriman pos wajib diberitahukan kepada Pejabat Bea dan Cukai dikantor Pabean dan hanya dapat dikeluarkan dengan persetujuan Pejabat Bea dan Cukai.
    • Impor barang kiriman dilakukan melalui pos atau PJT dan dilakukan pemeriksaan pabean yang meliputi penelitian dokumen dan pemeriksaan fisik barang secara selektf berdasarkan manajemen resiko oleh Pejabat Bea dan Cukai.
    • Pemeriksaan fisik barang disaksikan oleh petugas pos atau petugas PJT (Perusahaan Jasa Titipan).
    • Pejabat Bea dan Cukai menetapkan tarif dan nilai pabean serta menghitung bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang wajib dilunasi atas barang kiriman melalui pos dan PJT.
    • Barang kiriman melalui pos yang telah ditetapkan tarif dan nilai pabeannya diserahkan kepada penerima barang kiriman melalui pos setelah bea masuk dan pajak dalam rangka impor dilunasi.

     

    Jika masih ada kendala, mungkin Anda belum memahami adanya pembayaran pajak atas barang yang masuk ke dalam negeri. Berikut adalah penjelasan dari ketentuan pajak yang harus dibayar dan menjadi tanggung jawab dari pengirim.

    • Barang dengan nilai dibawah USD75/hari/penerima diberikan pembebasan dan dapat diberikan persetujuan pengeluaran barang *)
    • Barang dengan nilai diatas USD75/hari/penerima sampai dengan USD1500 dikenakan pungutan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor dengan skema :
    1. Apabila terkena aturan larangan dan pembatasan *) wajib melampirkan dokumen pemenuhan larangan dan pembatasan dari instansi terkait
    2. Atas barang kiriman tersebut dikenakan tarif bea masuk sebesar 7.5% kecuali untuk barang kiriman berupa buku ilmu pengetahuan.
    3. Apabila diperlukan Petugas Bea Cukai dapat meminta dokumen pelengkap sebagai dasar penghitungan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor
    • Barang dengan nilai lebih dari USD1500, Bea Cukai melalui Pos/PJT akan meminta untuk menyampaikan PIBK atau Pemberitahuan Impor Barang (PIB) apabila penerima barang merupakan badan usaha (bukan perseorangan)

     

    *semua info dan berita terbaru ini bersumber dari beacukai.go.id

    Leave a comment

    Required fields are marked *

Open chat
1
Admin 24 jam konsultasi
Hallo, Ada yang admin bisa bantu perihal export importnya?