Pengertian Letter Of Credit Pada Ekspor Impor

  • Pengertian Letter Of Credit Pada Ekspor Impor

    Pengertian Letter Of Credit Pada Ekspor Impor

    Starexpressindonesia.com, Tangerang – Dalam perdagangan internasional seperti Export dari Indonesia ke luar negeri seperti Export ke China contohnya, kita harus memikirkan perihal pembayaran. Pembayaran akan export ini harus diperhatikan dengan baik. Karena pembayaran ini bisa membuat bisnis Anda sebagai exportir semakin lancar dan si pembeli di luar negeri juga berjalan lancar.

    Salah satu term pembayaran yang disarankan adalah  letter of credit atau L/C. Dimana pengertian letter of credit menurut Bank Indonesia adalah janji dari issuing bank untuk melakukan pembayaran akan sejumlah uang kepada pihak eksportir sepanjang mereka mampu untuk memenuhi terms and conditions dari L/C tersebut.

    pengertian letter of credit ekspor

    Pengertian letter of credit ekspor

    Adanya letter of credit ini bisa memberikan kepercayaan yang baik antar pembeli di luar negeri dengan penjual di Indonesia (Anda sebagai eksportir). Adanya rasa ketidakpercayaan ini wajar sobat star, karena perbedaan budaya hingga perbedaan wilayah membuat kekhawatiran tersendiri. Dengan adanya L/C ini semuanya akan berbalik, kepercayaan akan timbul meskipun baru pertamakali terjadinya transaksi.

    Selain pengertian letter of credit, kita juga membahas fungsi dari si letter of credit ini:

    • Bisa memberikan fasilitas kredit pada pihak eksportir atau importir, dan enaknya L/C ini juga bisa dibayar di muka atau pada masa tenggang tertentu, tentunya sudah disepakati ya sobat star.
    • L/C bisa memberikan suatu jaminan dalam pembayaran, dengan begitu kesepakatan dan pembayaran bisa jauh lebih efisien.

    >>>> Info Penting : Cara Ekspor Barang ke China

    Persyaratan dari letter of credit

    Sobat star ingin mengajukan letter of credit atau L/C, simak ini:

    • L/C yang dibuka adalah commercial documentary letter of credit.
    • Anda sebagai pihak yang mengajukan L/C juga harus menyiakpan dokumen Commercial invoice dan juga bill of lading.

    Lalu ini mekanisme dari letter of credit:

    • Importir meminta salah satu bank untuk membuka letter of credit atas nama pihak eksportir, si bank menjadi pihak opening dan importir sebagai opener dan jika sudah memenuhi persyaratan. L/C ini dibuka melalui koresponden bank yang ada di luar negeri, dimana koresponden bank adalah sebagai perantara yang disebut “advising bank” atau juga disebut “notifying bank”  dan mereka ayang akan memberitahu eksportir atas pembukaan L/C ini.
    • Dan eksportir menyerahkan barang kepada carrier dan si eksportir akan mendapatkan bill of lading atau BL.
    • Lalu BL atau bill of lading diserahkan ke pihak bank agar mendapatkan pembayaran, payng bank akan menyerahkan uang agar terbit dan mendapatkan BL dari si eksportir lalu diserahkan pada importir.
    • Importir memberikan BL pada carrier baru bisa dilakukan penukaran dengan barang yang telah dikirim oleh si pihak eksportir.

    Sudah paham dengan pengertian letter of credit? Dan ingin konsultasi perihal ekspor? Hubungi Kami sekarang.

    >>>> Info Penting : Bagaimana Cara Import Door to Door? 

    Leave a comment

    Required fields are marked *

Open chat
1
Admin 24 jam konsultasi
Hallo, Ada yang admin bisa bantu perihal export importnya?