Jasa Impor Dari China

  • Jasa Impor Dari China

    Jasa Impor Dari China

    Starexpressindonesia.com, Tangerang – Perdagangan internasional baik export dari Indonesia, ataupun import dari luar negeri ke Indonesia masih berjalan sampai saat ini. Meskipun terkendala pandemic, perdagangan antar negara masih berjalan, salah satunya dari China ke Indonesia. Data import China ke Indonesia dapat Anda pelajari pada artikel kali ini.

    Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia memiliki catatan atas nilai impor nonmigas terbesar dari Januari hingga Februari ke Indonesia adalah China, dengan nilai US$ 8,06 miliar. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala BPS mengenai import kita dari China tidak banyak berubah.

    Bagi Anda salah satu importir yang cukup rutin melakukan impor dari China pasti sudah memahami bahwa langkah impor dari China itu cukup banyak. Tetapi bagi Anda yang baru sebagai importir dan ingin mencari tahu seputar cara impor dari China adalah tepat membaca artikelnya.

    Langkah impor dari China:

    1. Invoice

    Ketika Anda membeli suatu barang dengan jumlah besar dari China,maka Anda diberikan Invoice. Nah invoice nilai barang ini yang akan dibutuhkan sebagai Importir. Bukti pembelian atau invoice ini yang akan menjadi dokumen yang akan diberikan kepada jasa custom clearance ataupun forwarder jasa import yang Anda percaya, serta akan diperiksa oleh pihak customs di Indonesia.

    1. Packing list

    Packing list merupakan bukti pengemasan dan deskripsi serta list packing barang Anda ketika Anda membeli dari China. Bukti packing ini juga akan diperiksa dan diberikan ke jasa forwarder import kepercayaan Anda.

             >>>> Info Penting : Sekarang Belanja Import Online 45.000 Kena Pajak!

            >>>> Info Penting : Cara Ekspor Barang ke China

    1. Purchase order & Sales contract

    Sales contract dan purchase order merupakan dokumen penguat untuk importasi Anda. Karena adanya perbedaan harga acuan dari negara China dan Indonesia, dokumen ini juga menjadi penguat argumentasi untuk pengeluaran barang import Anda dari China.

    1. Kerjasama dengan jasa import (Forwarder) + Memberikan AWB BL

    Airwaybill atau Bill Of Lading akan diberikan oleh pihak penjual Anda di China lalu Anda sebagai pembeli atau importir memberikan kepada jasa import forwarder di Indonesia. AWB atau BL ini akan digunakan jasa forwarder import kepercayaan Anda untuk mengurus dokumen import atau customs clearance di bandara ataupun pelabuhan.

    Contoh Anda ingin mengimport dome nut (baut) besi dari China:

    • Pengecekan HS Code dan regulasi import.

    Pengecekan HS Code Import

    Pengecekan HS Code Import

    Dome nut baut besi merupakan barang yang diatur importasinya di Indonesia. Setelah mengetahui lartasnya, seperti harus ada Laporan Surveyor, Anda harus berkonsultasi dengan jasa import export. Dan ketika dokumen Laporan Surveyor ini jadi dalam satu minggu, dokumen ini harus dibeberikan pada jasa import yang Anda tunjuk.

    • Terbit BL Final

    Contoh BL Import Dari China

    Contoh BL Impor Dari China

    Bill of lading final akan keluar dari pihak penjual di China, tentu ini akan terbit ketika invoice dan packing list juga diberikan pada forwarder import Anda. Dan langkah selanjutnya adalah Anda menunggu barang dikirimkan sekitar 2 minggu pengiriman melalui laut dari China ke Indonesia.

    • Sampai di Port Indonesia

    Jasa Import Barang Dari China

    Jasa Import Barang Dari China

    Barang akan sampai di Indonesia dan tim import dari forwarder Anda akan melakukan clearance atau pengeluaran barang sesuai dengan peraturan import yang legal di Indonesia. Setelah itu pihak Jasa import seperti PT. Star Express Indonesia ini akan mengirimkan barang pesanan Anda ke gudang atau kantor Anda.

            >>>> Info Penting : Bagaimana Cara Import Door to Door? 

            >>>> Info Penting : Peraturan Belanja Import Online

     

    Leave a comment

    Required fields are marked *

Open chat
1
Admin 24 jam konsultasi
Hallo, Ada yang admin bisa bantu perihal export importnya?