Indonesia Ekspor Masker Ke China, Menguntungkan atau Merugikan?

  • Indonesia Ekspor Masker Ke China, Menguntungkan atau Merugikan?

    Indonesia Ekspor Masker Ke China, Menguntungkan atau Merugikan?

    Sobat, kini kita mendengar kabar yang tidak enak dari kerabat bisnis Indonesia, yaitu China, virus corona sudah membuat China memperpanjang liburnya di Feb 2020 ini dan tentu berdampak pada negatifnya ekonomi secara domestik serta berpengaruh terhadap negara-negara lainnya. Saat ini banyak sekali masyarakat di Indonesia jadi “penjual musiman” dikala China berduka dengan adanya wabah virus corona.

    Masyarakat sontak memburu masker dengan spesifikasi tertentu untuk dibeli, dikumpulkan dan akhirnya di jual atau di ekspor ke China. Tentu sesuai hukum ekonomi yang tidak pernah hilang yaitu permintaan dan penawaran, harga masker juga melambung tinggi. Dimana biasanya harga satu kotak dengan isi 50pcs hanya Rp 20.000, kini bisa mencapai Rp 150.000 per kotak.

            >>>> Info Penting : Bagaimana Cara Import Door to Door? 

            >>>> Info Penting : Peraturan Belanja Import Online

    Belum lagi biaya pengiriman ke China yang notabene tidak murah, jika Anda ingin mengetahui Cara Ekspor ke China bisa baca disini. Mudahnya ekspor ke China dimanfaatkan para penjual ini menjual maskernya dengan harga yang tidak murah. Ironisnya harga masker pun semakin mahal, bahkan untuk merk “Sensi” saja bisa mencapai Rp 200.000 per kotak, Anda bisa tahu berpa kali lipat naiknya? Jawab dikolom komentar ya sobat.

    Harga Rp 200.000 per kotak harga di tanah air, mungkin di China sudah mencapai sekitar Rp 300.000, pointnya adalah kita sebagai masyarakat Indonesia ingin memposisikan diri sebagai apa, relawan atau trader?

    Positifnya sebagai trader adalah kita bisa membeli banyak sekali masker dengan harga yang jauh lebih murah, dan dijual dengan harga selangit, lalu kita mendapatkan untung yang sangat besar.

    Disisi lain, semakin tingginya harga jual tersebut, harga yang dipasarkan di China akan semakin tinggi, ditengah gonjang-ganjingnya ekonomi China, masyarakat lokal mungkin saja tidak mampu membeli masker dan harus merelakan bekerja tanpa perlindungan.

    Hal ini bisa memiliki perspektif positif dan negatif, tergantung Anda, Anda melihatnya, masker ini sebagai bentuk Donasi, atau sebagai Komoditas yang diperjual belikan demi mencari keuntungan besar?

            >>>> Info Penting : Sekarang Belanja Import Online 45.000 Kena Pajak!

            >>>> Info Penting : Cara Ekspor Barang ke China

    Leave a comment

    Required fields are marked *