Import Indonesia Turun Akibat Corona Virus

  • Import Indonesia Turun Akibat Corona Virus

    Import Indonesia Turun Akibat Corona Virus

    Starexpressindonesia.com, Tangerang – Siapa sangka dimulai dari Wuhan China, Indonesia pun terkena imbasnya. Kini import indonesia turun akibat corona virus yang merebak dari China tersebut. Kita dan China memiliki hubungan sangat baik dalam hal perdagangan antar negara, banyak komoditas export dari Indonesia yang dibutuhkan dan disukai oleh negara sahabat kita itu.

    Import Indonesia Turun

    Import Indonesia Turun

    Kini Indonesia harus rela kehilangan beberapa peluang import dan perdagangan lainnya yang berhubungan dengan import dari negeri tirai bambu itu. Pasalnya Indonesia memiliki catatan import yang buruk secara keseluruhan bukan hanya dari China, bayangkan, Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki catatan sendiri mengenai import Indonesia turun pada Februari 2020. Import Indonesia turun sampai 18,69 persen dibandingkan dengan Januari 2020. Di mana posisi import kita pada Februari tercatat sebesar USD 11,60 miliar lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yaitu sebesar USD 14,27 miliar.

            >>>> Info Penting : Bagaimana Cara Import Door to Door? 

            >>>> Info Penting : Peraturan Belanja Import Online

    “Impor Februari 2020 tercatat USD 11,6 miliar atau turun sebesar minus 18,69 persen jadi cukup dalam penurunan impor pada Februari ini” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Yunita Rusanti seperti dikutip dari liputan6.com, Senin (16/3/2020).

    Nampaknya kita perlu tahu sobat, banyak faktor yang menyebabkan import Indonesia turun, pertama bisa kita rasakan dari konflik geopolitik, perang dagang, fluktuasi harga-harga komoditas utama dunia hingga yang mencengangkan adalah virus corona.

    Mari kita bedah lebih dalam lagi, secara sektoral, nilai impor barang konsumsi turun cukup dalam, sebesar 39,91 persen dari sebelumnya, menjadi USD 0,88 miliar. Bahan baku juga mengalami penurunan sebesar 15,89 persen dari bulan sebelumnya menjadi USD 8,89 miliar. Impor barang modal turun sebesar 18,03 persen dari Januari 2020 menjadi USD 1,83 miliar. Penurunan impor untuk komoditas terbesar terjadi di China, penurunan sebesar minus USD 1,9 miliar. Kemudian di ikuti oleh beberapa negara lainnya, seperti Hongkong, Korea Selatan, dan Singapura dengan masing-masing nilai sebesar USD 116 juta, USD 113 juta, dan USD 102 juta.

            >>>> Info Penting : Sekarang Belanja Import Online 45.000 Kena Pajak!

            >>>> Info Penting : Cara Ekspor Barang ke China

    Import Indonesia turun akibat corona virus ini sebetulnya menjadi puncak penurunan tajam dari sentimen negatif yang sebelumnya sudah hadir. Bagaimana jika stimulus ini berkelanjutan? Tentu akan berdampak lebih besar lagi, namun kini China sudah kembali normal dalam aktivitas ekonomi dan terbukti dari index saham beberapa negara pun sudah mulai normal. Sehingga kebutuhan import akan tetap dibutuhkan, import Indonesia turun akibat corona virus ini semoga hanya bersifat sementara, jika ingin import barang bisa konsultasi ke sini. Jika ingin export barang dari Indonesia, bisa konsultasikan ke sini. (Penulis : Metodius GP)

    Leave a comment

    Required fields are marked *

Open chat
1
Admin 24 jam konsultasi
Hallo, Ada yang admin bisa bantu perihal export importnya?